Loading...
KPR, Bisnis, Properti, Finance

5 Penyebab Kenaikan Harga Properti yang Kian Melonjak Tiap Tahun

  • Sava JakPro
  • 20 September 2023
  • 4 min read

 

Properti adalah instrumen investasi yang menjadi incaran banyak orang. Pasalnya, harga properti akan selalu mengalami kenaikan dalam situasi apapun. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenaikan harga properti. Berikut kami rangkum ulasan lengkap mengenai alasan kenapa harga properti selalu naik.

 

Berapa Persen Kenaikan Harga Properti per Tahun?

Meskipun harga properti naik setiap tahun, namun properti masih menjadi instrumen idaman untuk bisnis atau investasi. Harga jual yang terus naik memungkinkan siapapun yang memiliki properti bisa berpotensi untuk mendapatkan nilai kekayaan yang cenderung stabil. Kira-kira berapa, ya persentase kenaikan harga properti per tahunnya?

 

Secara umum, rata-rata kenaikan harga properti bisa mencapai 10% hingga 15%. Kendati demikian, indeks kenaikan harga properti dan persentasenya tentu berbeda di setiap daerah karena adanya perkembangan pasar yang berbeda-beda.

 

Contohnya, kenaikan harga rumah per tahun di Jakarta bisa mencapai angka 15% karena Jakarta tergolong ke dalam kawasan kota besar dengan perkembangan ekonomi yang pesat. Namun, kota Bogor belum tentu mengalami kenaikan harga properti sebesar itu, karena perkembangan pasar properti di Bogor cenderung lebih lambat daripada Jakarta.

 

Faktor yang Menyebabkan Naiknya Harga Properti Setiap Tahun

Kenaikan harga properti 2023 sebenarnya tidak perlu diambil pusing. Semakin naik harga properti, justru semakin besar peluang Anda untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih dari bisnis properti.

 

Selain itu, meskipun rata-rata kenaikan harga rumah per tahun semakin melonjak, hal ini tidak menyusutkan jumlah peminatnya, mengingat rumah merupakan kebutuhan primer bagi banyak orang.

 

Terdengar menggiurkan bukan? Tapi, apakah Anda penasaran dengan apa yang menyebabkan naiknya harga properti setiap tahun? Untuk jawabannya, berikut pembahasannya.

 

1. Pemberlakuan UU Zonasi

Sebelum UU Zonasi diberlakukan, rata-rata kenaikan harga tanah per tahun cenderung rendah, karena jumlah populasi yang belum terlalu banyak. Kalau dulu lahan kosong bisa dibeli dengan harga murah untuk tujuan pertanian, sekarang lahan jenis apapun diizinkan untuk menjadi space komersial, sehingga harga jual lahannya pun menjadi meningkat.

 

2. Menawarkan Fleksibilitas TInggi

Inilah salah satu alasan mengapa Anda perlu membeli apartemen di lokasi yang strategis seperti di dekat pusat jalan tol, instansi pendidikan, kantor, stasiun, halte dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mencari hunian di sekitar tempat-tempat tersebut karena mereka menginginkan fleksibilitas dan konektivitas yang tinggi.

 

3. Adanya Inflasi

Faktor ini merupakan faktor paling umum yang menjadikan harga properti naik tiap tahunnya. Kenaikan harga pada material bangunan seperti semen, pasir, dan juga tenaga ahli pembangunan juga menjadikan harga properti terus melonjak.

4. Perkembangan Infrastruktur

Kompetisi pasar properti yang sangat bersaing di pasar menjadikan harga properti terus naik. Ramainya pasar properti disebabkan pula oleh perkembangan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas penunjang properti yang tumbuh dengan pesat.

5. Kegiatan Sosial yang Padat

Lokasi properti yang ideal adalah yang terletak di dekat kawasan kegiatan sosial yang padat seperti spot refreshing, pusat lifestyle, pusat perbelanjaan, dan spot-spot lainnya. Semakin produktif kawasan tersebut, maka semakin tinggi juga harga dan minat orang-orang untuk memiliki hunian di sekitar kawasan tersebut.

 

Naiknya harga properti di setiap tahun perlu dijadikan pelajaran supaya Anda tidak perlu membeli properti di harga yang terlalu tinggi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin pesat akan selalu mempercepat siklus kenaikan harga properti. Jadi, ada baiknya Anda segera membeli properti dalam waktu dekat sebelum harganya semakin melonjak.

 

Bingung mencari properti untuk dihuni atau untuk dijadikan produk investasi? Sava Properti selalu punya yang cocok! Mulai dari rumah hingga co-working space, Anda bisa menemukan properti impian Anda dengan harga terjangkau baik untuk kebutuhan investasi atau keperluan pribadi.

Yuk, cek website Sava Properti sekarang dan temukan tawaran-tawaran menarik yang gak akan Anda dapatkan di agen properti lainnya!

 

Artikel yang berkaitan

Top