Loading...
KPR

Apa Aja Sih Keuntungan Membeli Rumah Dengan Sistem KPR?

  • David
  • 31 August 2021
  • 3 min read

Membeli rumah tidak harus dilakukan secara tunai atau cash. Apabila rumah menjadi kebutuhan primer dan mendesak namun Anda belum memiliki dana yang cukup maka Anda dapat menggunakan sistem KPR untuk memperoleh rumah secara cepat dengan pembayaran dilakukan melalui angsuran. Impian membeli rumah saat ini sudah dipermudah sejak hadirnya KPR dalam pembelian rumah. KPR merupakan singkatan dari Kredit Kepemilikan Rumah merupakan salah satu alternatif jika Anda menginginkan rumah dalam jangka waktu dekat dan dibayar melalui cicilan setiap bulannya. Lalu, apa saja sih keuntungan membeli rumah secara KPR?

Pertama, tidak memerlukan dana yang besar untuk membeli rumah. KPR merupakan sistem membeli rumah dengan cara dicicil. Dengan cicilan ini Anda dapat mengalokasikan uang yang Anda miliki untuk kebutuhan lainnya. Anda juga tidak harus menyiapkan dana besar di awal, karena hanya dengan DP Anda dapat langsung memiliki rumah. Hal ini tentunya mempersingkat impian Anda dalam membeli rumah.

Kedua, cicilan rumah dapat disesuaikan dengan penghasilan. Sistem KPR ini memungkinkan Anda memilih jenis cicilan yang sesuai dengan Anda seperti jangka waktu dan besaran cicilan setiap bulan. Hal ini memungkinkan Anda untuk tidak khawatir karena kesulitan membayar cicilan akibat kemudahan pembayaran yang disesuaikan kemampuan. Dengan kata lain, Anda dapat menyiasati jumlah cicilan. Bahkan dengan KPR Anda dapat membayar cicilan dengan jumlah yang sangat minim, namun tentunya Anda harus membayar DP dengan nominal yang lebih besar di awal. Alternatif lain yaitu Anda dapat memilih tenor lebih lama sehingga cicilan rumah terasa lebih ringan setiap bulannya.

Ketiga, terdapat jaminan asuransi. Keuntungan dari membeli rumah secara KPR adalah adanya perlindungan asuransi properti dari bank. Asuransi ini diperoleh dari biaya yang harus dibayarkan dalam cicilan bulanan KPR. Asuransi rumah ini dapat memberikan perlindungan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam rumah seperti kebakaran. Selain itu, terdapat juga sistem KPR yangmana memberikan asuransi ketika sang kreditur meninggal dunia maka cicilan KPR dapat langsung dianggap lunas. Hal ini sangat menguntungkan ketika KPR berdasarkan nama kepala keluarga, sehingga ketika kepala keluarga meninggal dunia cicilan tidak dibebankan kepada keluarga. Tentunya hal ini meringankan beban pihak yang ditinggalkan oleh sang kreditur.

Keempat, rumah KPR terjamin dalam hal legalitas. Umumnya, perumahan yang dibeli secara KPR memiliki legalitas yang lebih unggul dalam hal keterjaminan. Hal ini terjadi karena biasanya developer atau pengembang sudah bekerja sama dengan bank dan pihak lain dalam pengurusan legalitas rumah. Sehingga ketika membeli rumah secara KPR maka dapat mengurus surat-surat kepemilikan dengan lebih mudah. Bank sebagai lembaga penyedia KPR tentunya sudah melakukan crosscheck terhadap developer yang benar-benar memiliki reputasi baik sehingga terhindar dari penipuan. Hal ini menguntungkan nasabah karena legalitas rumah lebih aman bahkan kepemilikan aset juga lebih terjamin melalui pembelian KPR.

         Dari keempat keuntungan tersebut, yakin tidak ingin membeli rumah secara KPR? Membeli rumah dengan KPR akan membuat mimpi memiliki hunian menjadi terwujud lebih cepat. Bahkan dari sejak  Anda memiliki pekerjaan yang tetap, Anda dapat mengajukan KPR dan memiliki rumah impian lebih cepat. Keuntungan-keuntungan dalam membeli rumah KPR juga berpotensi memiliki kerugian. Oleh karena itu, perhatikan dengan benar sebelum membeli rumah. Jangan sampai keuntungan yang ditawarkan menjadi boomerang yang merugikan ke depannya ya!

Tags:

Artikel yang berkaitan

Jenis-Jenis Pondasi Rumah
Rumah, Wawasan

Jenis-Jenis Pondasi Rumah

Dalam mendirian sebuah rumah terdapat sebuah komponen yang penting untuk diperhatikan yaitu pondasi rumah. Pondasi......

Top