Loading...
Rumah

Ciri-Ciri Rumah yang Aman dan Nyaman sebagai Hunian Keluarga

  • 20 November 2021
  • 3 min read

Oleh Photo by Jimmy Dean on Unsplash

     Salah satu faktor utama yang menyumbang kenyamanan rumah ialah keamanan. Apabila rumah memiliki keamanan yang tinggi maka rumah tersebut akan nyaman digunakan sebagai hunian keluarga. Rumah yang aman sendiri merupakan rumah yang dapat dijadikan sebagai tempat berlindung dari hal-hal yang dapat membahayakan. Rasa aman kemudian akan menjamin penghuni rumah mampu melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah dengan nyaman. Berikut merupakan ciri-ciri rumah aman yang dapat Anda terapkan di rumah Anda agar menjadi hunian yang nyaman.

Berada di Lingkungan yang Aman

     Apabila Anda belum memiliki rumah, usahakan Anda memilih rumah yang berada di lokasi yang aman. Sebab, tidak sedikit kawasan yang memang kurang aman terlihat dari riwayat kejahatan yang sering terjadi seperti pencurian, maling, tempat mabuk, judi, seks bebas, dan sebagainya. Selain lingkungan yang bebas dari kejahatan manusia, Anda juga dapat memilih kawasan rumah yang minim risiko bencana alam seperti banjir atau tanah longsor. Bahkan jika perlu, pilihlah rumah yang jauh dari serangan binatang buas.

Membangun Rumah Panggung

     Rumah panggung diketahui mampu memperkecil risiko rumah terkena banjir ataupun serangan binatang buas. Rumah panggung ini memiliki bangunan yang cukup tinggi sehingga akan meminimalisir risiko binatang masuk rumah karena hewan tidak dapat naik tangga, serta apabila terjadi banjir maka hanya menggenang di bawah permukaan lantai rumah

Memiliki Pagar yang Tinggi

     Pagar yang tinggi juga menjadi pendukung keamanan sebuah rumah terutama dari kejahatan manusia. Pagar yang tinggi ini akan menjaga rumah dan seisinya tetap aman terutama pada lingkungan perkotaan dimana rumah sering ditinggal untuk kesibukan di luar rumah seperti bekerja, berdagang, berbisnis, dan sebagainya.

Saling Waspada dan Menjaga

     Sikap ini dapat ditemukan apabila Anda memiliki hunian di desa dimana Anda tidak memerlukan pagar yang tinggi karena akan dianggap sombong. Tanpa adanya pagar pun, rumah Anda tetap aman karena rasa kekeluargaan dengan tetangga masih tinggi sehingga satu sama lain warga saling menjaga. Bahkan jika ada gerak-gerik mencurigakan pasti orang lain di sekitar rumah akan waspada dan langsung melaporkan. Berbeda dengan di perkotaan yang cukup tidak acuh penghuni rumah satu dengan lainnya.

Menggunakan Material Bangunan yang Aman

     Untuk mencegah kejahatan seperti pembobolan ataupun pencurian Anda dapat menggunakan bahan bangunan yang sulit dibobol seperti dinding yang tebal dan terbuat dari beton bertulang. Dengan konstruksi ini maka rumah akan sulit dibobol. Anda juga dapat menggunakan pintu yang sulit dibobol ataupun jendela sehingga maling tidak mudah masuk ke dalam rumah. Konstruksi dinding tebal dengan material bangunan yang kuat dan aman tersebut sering kita jumpai pada bangunan bank sebagai tempat paling rawan pencurian karena digunakan untuk menyimpan uang dan surat berharga.

Menggunakan Security dan CCTV

     Adanya security dan CCTV juga dapat menambah keamanan di rumah Anda. Anda dapat memperkerjakan sekuriti yang handal dan dapat dipercaya untuk menjaga rumah Anda dan keluarga Anda dari bahaya yang mungkin masuk. Kamera CCTV juga dapat dipasang pada ruangan tertentu di rumah sehingga Anda dapat memantau dan mengintai kegiatan di dalam rumah.

     Itulah beberapa tips agar rumah jauh lebih aman. Rumah yang aman akan membuat penghuni rumah merasa betah dan nyaman. Untuk itu, yuk tingkatan keamanan rumahmu demi kenyamanan keluargamu!

Tags:

Artikel yang berkaitan

Top