Loading...
Wawasan

Cara Agar Rumah Tidak Dihinggapi Serangga

  • 07 November 2021
  • 3 min read

Oleh familyhandyman.com

    Serangga dapat menjadi salah satu hewan yang kehadirannya cukup menganggu di rumah. Serangga ini selan menganggu kenyamanan juga sangat mengkhawatirkan apabila terkena pada makanan. Jenis serangga yang sering berada di rumah pun cukup beragam. Hal ini membuat kita kesulitan untuk membasmi serangga karena memiliki sifat yang berbeda-beda pula. Serangga yang banyak di dalam rumah akan membuat rumah terlihat lebih kotor juga dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan manusia karena beberapa serangga berperan sebagai vektor penyakit. Berikut merupakan upaya dalam mengusir serangga dengan bahan dan hal-hal yang mudah ditemui di rumah.

  1. Menaburkan ramuan bawang putih dan baking soda pada area-area sempit dan tertutup dan area yang disukai oleh kecoa
  2. Menaburkan bubuk kayu manis pada area yang sering terdapat semut, terutama di wilayah yang terdapat makanan. Untuk itu, Anda dapat menaburkan bubuk kayu manis ke sekeliling tempat tersebut sehingga semut akan menghindar tanpa perlu kita usir.

  3. Menyemprot ramuan yang terbuat dari tetesan essential oil berupa lemon, lavender kemudian sereh dan alkohol yang diwadahkan dalam sebuah botol. Kemudian ramuan juga dapat diambil dari gabungan tetesan minyak kayu putih dengan detergen ke dalam air dan digunakan untuk menyemprot daerah yang dapat menjadi habitat serangga berupa kutu. Serangga berupa kutu inilah yang sering terdapat pada sudut-sudut rumah sehingga keberadaanya pelru diperhatikan karena dapat menghisap darah bahkan mampu memicu ruam dan alergi pada penderitanya. Untuk itu, keberadaan kutu ini pelru dibasmi apabila terdapat di dalam rumah.

  4. Untuk membasmi lalat, maka kita dapat membuat perangkap lalat dari bahan alami seperti gula yang dilelehkan kemudian dimasukan pada toples yang diberi corong. Lalat ini pun kemudian akan masuk ke dalam perangkap sehingga jumlah lalat pun akhirnya berkurang. Lalat sendiri dapat membahayakan makanan di rumah karena memungkinkan terjadinya kontaminasi bakteri pada makanan yang dihinggapi lalat. Untuk itu, penting dilakukan pengusiran lalat agar anggota rumah terhindar dari penyakit.

  5. Untuk mengusir laba-laba dari rumah maka, kita dapat menggunakan metode yang serupa dengan membasmi kutu fimana memanfaatkan minyak kayu putih ataupun minyak lavender yang diketahui merupakan bau yang tidak disukai oleh laba-laba. Laba-laba ini walaupun tidak semuanya berbahaya, namun kita perlu waspada  agar rumah yang kita miliki terhindar dari serangga seperti laba-laba.

  6. Untuk mengusir mrutu, kita juga dapat membuat ramuan sebagai jebakan bagi mrutu seperti terbuat dari cuka apel, air gula, juga sabun untuk mencuci piring. Jebakan ini diketahui cukup efektif karena aroma yang diitimbulkan oleh gula dengan cuka apel akan membuat mrutu tertarik dan mendekati sumber aroma yaitu di dalam mangkuk. Ketika serangga tersbeut masuk ke dalam mangkuk maka busa dari sabun cuci piring akan menjebak mrutu yang menyebabkan mrutu tersebut tertarik ke dalam air. 

    Tips di atas merupakan beberapa upaya untuk mengusir serangga dari rumah sehingga rumah dapat lebih nyaman dan terhindar dari serangga. Keberadaan serangga tidak selalu untuk bertindak jahat dan membahayakan, namun perlu diperhatikan bahwa serangga ini sering menimbulkan kontaminasi. Untuk itu, kita harus rajin membesihkan rumah agar rumah yang kita miliki tidak disukai oleh serangga sebagai rumah ataupun tempat berkembang biak.

Tags:

Artikel yang berkaitan

Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis
Rumah, Tips, Apartemen, Properti, Interior

Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis

Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis Sava Properti - Perlu diketahui bahwa desain interior sangat diperlukan,......

Top