Loading...
Tips

Tips Mengatur Keuangan Sebelum Membeli Properti

  • David
  • 31 August 2021
  • 3 min read

Memiliki properti adalah salah satu investasi masa depan yang menjanjikan. Namun, kamu mungkin membutuhkan dana yang sangat besar jika ingin langsung membelinya. Jika kamu bukan seorang yang terlahir dari keluarga kaya. Dimana harta kalian tidak habis untuk 7 keturunan maka pasti harus memikirkan cara menabung, bukan? Atau, jika kamu bukanlah orang beruntung yang kaya mendadak maka sebaiknya mulai memikirkan bagaimana cara mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan yang benar akan membawa kamu untuk mendapatkan properti impian. Penasaran kan bagaimana caranya? Berikut tips yang harus kamu pelajari!

 

  • Sisihkan Gaji Bulanan

 

Jika kamu adalah pekerja yang setiap bulan menerima gaji, maka pastikan kamu menyisihkan gaji tersebut. Jangan sampai, kamu menghabiskan semua gaji bulanan kamu dari bulan ke bulan. Setidaknya, sisihkan 10 hingga 30% gaji untuk tabungan. Namun, bagaimana jika pengeluaran kamu harus lebih besar atau sama dengan gaji yang kamu dapatkan?

 

Selalu ada solusi untuk sebuah masalah. Coba koreksi terlebih dahulu, mengapa kamu tidak bisa menabung? Masalah utama pasti karena bayar uang kontrakan, bukan? Untuk itu carilah solusi terbaik. Mungkin pindah ke kontrakan yang lebih kecil atau kontrakan biasa saja namun bayarannya lebih rendah. Yang kedua pasti karena belanja bulanan dan jajan, bukan? Untuk ini, kamu harus pandai-pandai menemukan bahan makanan yang murah dan tahan lama. 

 

Atau, kurangi membeli jajanan. Hitung-hitung hemat dan sehat, kan? Pokoknya, jangan sampai semua uang gaji jangan dihabiskan setiap bulannya, ya! Sisihkan untuk ditabung agar kamu bisa membeli properti di waktu yang singkat.

 

  • Tentukan Metode Pembelian

 

Ada banyak jenis metode pembelian yang bisa digunakan untuk membeli properti. Nah, misalnya membeli secara langsung atau dengan angsuran. Cari tahu plus minusnya tentang berbagai jenis pembayaran tersebut. Misalnya, jika membeli dengan metode cash, tentu kamu harus menyediakan banyak uang. Namun, metode ini lebih murah jika dibandingkan dengan cicilan. Hanya saja mungkin kamu harus bersabar lebih lama.

 

Jika kamu menggunakan metode cicilan maka kamu mungkin perlu menyiapkan uang DP. Dan menentukan seberapa lama kamu akan nyicilnya. Memang, semakin lama akan semakin ringan rasanya. Namun, jika kamu memilih tenor yang panjang, maka akan semakin besar biaya yang kamu keluarkan.

 

  • Cari Agen Properti Terbaik

 

Ketika kamu sedang mencari sebuah properti. Pasti ada banyak agen yang menawarkan jasa mereka. Namun, disinilah kamu harus mengetahui mana agen yang profesional dan mana yang tidak. Tidak semua agen bisa kamu gunakan jasanya. Dan, jangan sampai tertipu, ya! Kamu bisa bandingkan layanan yang mereka tawarkan. Pilihlah yang terbaik. Kamu juga harus mengetahui bagaimana reputasi para agen tersebut.

 

  • Sisihkan Dana Darurat

 

Hiduplah dengan menggunakan prinsip para penyedia layanan asuransi! Yakni, kamu harus bersiap siaga akan keadaan terburuk di masa depan. Kamu bukan peramal, bukan? Sedangkan peramal saja ramalannya masih sering sekali meleset. Jadi, kamu harus benar-benar yakin bahwasanya kamu memiliki dana darurat.

 

Dana darurat ini biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sehingga, jika ada masalah kedepannya. Seperti nilai atau harga DP yang naik maka kamu bisa mengatasinya dengan mudah. 

 

  • Miliki Banyak Penyimpanan

 

Dimana biasanya kamu menyimpan uang tabungan? Apakah dengan cara konvensional dengan menggunakan celengan? Penulis lebih menganjurkan kamu menggunakan bank lokal yang memiliki reputasi bagus, ya. Hanya saja, buatlah rekening bank yang berbeda untuk tabungan dan dana darurat. Agar, kamu tidak "gatal" menggunakannya.

 

Itu tadi tips mengatur keuangan sebelum membeli properti. Jangan lupa segera dicoba, ya!

Tags:

Artikel yang berkaitan

Top