Loading...
Tips, Apartemen

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Memilih Kost yang Tepat Biar Anda Betah

  • Sava JakPro
  • 19 January 2024
  • 5 min read

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Memilih Kost yang Tepat Biar Anda Betah

 

Anda mahasiswa baru yang sedang kebingungan mencari kost yang cocok? Tenang. Kami punya beberapa tips dan cara memilih kost dengan baik dan benar. Memang, Anda hanya akan tinggal di kost untuk sementara waktu. Tapi, bukan berarti milihnya harus asal-asalan, lho. Yuk, simak tips mencari kost yang tepat dan bikin betah!

 

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost?

 

Sebelum Anda memutuskan untuk tinggal di salah satu kos-kosan, ada banyak pertimbangan yang perlu dilalui. Hal-hal kecil yang mungkin tidak pernah terpikir sebelumnya perlu Anda perhatikan apabila Anda ingin tinggal di kos-kosan baru. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak memilih kost? Berikut ulasannya

 

Lokasi Kos

 

Yang menjadi alasan seorang mahasiswa atau karyawan yang mencari kost untuk ditinggali adalah agar lebih dekat ke kampus atau ke kantor. Nah, jika Anda salah satunya, maka Anda harus memperhatikan letak lokasi kost tersebut. Pastikan jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki agar bisa mengurangi biaya transportasi harian Anda.

 

Lingkungan Sekitar Kost

 

Katakanlah Anda sudah menemukan kost murah dan dekat dengan kampus atau kantor Anda melalui aplikasi Mamikos. Namun, Anda tetap harus memastikan lingkungan di sekitar kos-kosan tersebut agar Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan saat tinggal di sana.

 

Background Checking Pemilik Kost

 

Cari tahu bagaimana pemilik kost menangani penghuni-penghuninya. Semakin bagus reputasinya dan semakin baik sikap pemilik kost kepada penghuninya, maka Anda pun bisa dipastikan mendapatkan pelayanan terbaik.

 

Tips Mencari Kost yang Tepat

 

Setelah mengetahui faktor-faktor apa saja yang perlu menjadi pertimbangan saat ingin tinggal di kos-kosan, selanjutnya Anda bisa mengikuti tips memilih kost yang akan kami rangkum berikut ini supaya Anda bisa mendapatkan kost terbaik.

 

  1. Mencari info kost melalui internet. Pada langkah ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi cari kost seperti Kosthero.
  2. Meminta rekomendasi kost pada kerabat terdekat yang memang sudah pernah tinggal di kos-kosan tertentu.
  3. Lakukanlah survei secara langsung agar Anda mengenali bagaimana lingkungan kost tersebut.
  4. Pilihlah kos yang harga sewanya sesuai dengan budget Anda. Rata-rata kost Indonesia memiliki range harga sewa yang berbeda-beda dan tenggat waktu bayarnya pun bisa bulanan atau tahunan.
  5. Memastikan jalan dari kos ke kampus atau ke kantor mudah untuk diakses.
  6. Memilih kost dengan fasilitas-fasilitas yang Anda butuhkan. Pastikan juga harga kost sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.
  7. Jangan lupa untuk mengecek ukuran kamar. Pastikan kamar memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika kamarnya kecil, maka usahakan jangan terlalu banyak membawa perabotan agar kamar tidak terasa sempit.
  8. Memastikan kamar mandi bersih dari jamur dan kotoran lainnya. Jika Anda tidak sempat survey langsung untuk melihat kamar mandi, Anda bisa coba untuk melihat kondisi kamar mandi melalui aplikasi seperti Kosthero. Atau, biar lebih meyakinkan, mintalah pemilik kost untuk memfoto kondisi kamar mandi kost terkini.
  9. Terakhir, pastikan kost yang Anda ingin huni sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Anda. Banyaknya tipe kost akan membingungkan Anda dalam memilihnya. Jadi, ada baiknya Anda membuat list kriteria dan kebutuhan Anda yang nantinya bisa Anda tinjau kembali saat melakukan survey.

 

Pada dasarnya, mencari kost yang tepat bukanlah perkara yang sulit di era digital seperti ini. Melalui aplikasi seperti Infokost, Mamikos, atau Kosthero, Anda bisa dengan mudah menemukan kos-kosan yang sesuai dengan kriteria.

 

Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum Anda membayarkan DP kos, lebih baik Anda mendatangi langsung kost yang ingin Anda huni dan jangan hanya mengandalkan aplikasi saja.

 

Sudah terlalu pusing mencari kos-kosan dan ingin menyewa apartemen aja? Gampang! Temukan apartemen dengan berbagai jenis tipe di Sava Properti! Gak kalah dari kamar kos, kok. Apartemen yang ada di website kami juga menawarkan harga sewa yang terjangkau dengan fasilitas yang super lengkap. Yuk, kunjungi sava.co.id sekarang juga!

Artikel yang berkaitan

Top