Loading...
Wawasan, Properti

5 Cara Menghemat Listrik Paling Sederhana dan Mudah Diterapkan Setiap Hari

  • Sava JakPro
  • 19 January 2024
  • 6 min read

5 Cara Menghemat Listrik Paling Sederhana dan Mudah Diterapkan Setiap Hari

 

Tagihan listrik bulanan bikin geleng-geleng kepala? Atau pusing sama suara token listrik yang sudah bunyi padahal belum sebulan? Nah, kalau mau menghindari dua hal tersebut, Anda wajib mengikuti cara menghemat listrik yang akan Sava bahas di artikel kali ini. Selain mudah, cara menghemat listrik di rumah ini gak akan bikin kantong Anda bolong!

 

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik?

 

Di era teknologi seperti ini, listrik merupakan salah satu aspek penting yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, penggunaan listrik harian perlu dibatasi mengingat tenaga listrik masih mengandalkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti gas, batu bara, dan SDA lainnya.

 

Jika kita tidak menghemat penggunaan listrik, maka kerusakan lingkungan yang serius bisa saja terjadi. Lalu, adakah alasan lain mengapa kita harus meningkatkan efisiensi dari penggunaan listrik harian? Berikut ulasannya.

 

  1. Menghemat listrik dapat meminimalisir pengeluaran bulanan.
  2. Dapat mencegah peningkatan risiko pemanasan global.
  3. Meningkatkan efisiensi subsidi negara.
  4. Meminimalisir risiko kerusakan pembangkit listrik.
  5. Menghemat kapasitas pembangkit listrik.
  6. Membuat Anda dan keluarga menjadi lebih sehat.
  7. Membiasakan perilaku disiplin
  8. Membantu masuknya pasokan listrik ke wilayah-wilayah yang belum dipasangkan listrik.
  9. Mampu meningkatkan keamanan dan keselamatan petugas PLN.

 

Langkah-langkah Menghemat Listrik yang Tepat

Sudah tahu, kan mengapa kita perlu menghemat listrik? Nah, sekarang saatnya Anda menerapkan cara menghemat listrik token atau prabayar di bawah ini agar Anda bisa terhindar dari risiko-risiko berbahaya jika listrik digunakan secara boros/

 

Menyalakan AC Bila Perlu Saja

 

AC merupakan seperangkat alat yang berguna sebagai pendingin udara ruangan. AC memiliki daya konsumsi listrik yang cukup besar dibandingkan dengan alat elektronik lainnya di rumah Anda. Jadi, efisiensi penggunaan listrik di rumah bisa Anda lakukan dengan cara menghemat listrik AC.

 

Mematikan atau Mencabut Peralatan Elektronik yang Tidak Terpakai

 

Memutus aliran listrik pada alat elektronik seperti kabel charger yang sudah tidak digunakan untuk mengisi daya merupakan salah satu cara menghemat energi listrik di rumah yang paling ampuh karena mampu mengurangi risiko konsleting listrik dan juga mengurangi biaya tagihan listrik.

 

Hanya Menyalakan Lampu Seperlunya

 

Nyalakan lampu di rumah Anda pada saat dibutuhkan saja. Matikan lampu apabila tidak digunakan. Jika Anda pernah membaca 10 cara menghemat listrik dan hanya menerapkan satu cara ini, maka Anda sudah berhasil menggunakan listrik dengan bijak. Agar lebih hemat lagi, jangan hanya menggunakan metode ini saja, tapi ikuti juga langkah-langkah selanjutnya.

 

Jangan Menggunakan Dispenser secara Berlebihan

 

Selanjutnya, ada cara menghemat listrik kelas 6 ke atas yang menggunakan dispenser sebagai alat pemanas dan pendingin air. Jika Anda sudah memiliki kulkas, lebih baik mendinginkan air di kulkas saja tanpa harus menggunakan alat elektronik tambahan. Nah, apabila Anda membutuhkan air panas hanya untuk sekedar menyeduh teh atau kopi, Anda bisa merebus air menggunakan kompor saja.

 

Membatasi Alat Elektronik dengan Konsumsi Daya yang Tinggi

 

Alat-alat elektronik berdaya tinggi biasanya mencakup AC, kulkas, dispenser, rice cooker, mesin cuci, dan alat-alat lainnya. Biasakanlah untuk mencabut aliran listrik dari alat-alat ini jika sedang tidak digunakan.

 

Metode ini juga berlaku untuk cara menghemat listrik di sekolah. Alat-alat seperti sound system, proyektor, dan AC juga sebaiknya dimatikan saat sedang tidak digunakan.

 

Demikian 5 cara menghemat listrik yang paling sederhana dan bisa diterapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Bijak menggunakan listrik akan memberikan Anda banyak manfaat termasuk meminimalisir pengeluaran bulanan Anda. Kalau pengeluaran berkurang, uang untuk menabung beli properti pun jadi makin banyak!

 

Yuk, temukan properti impian Anda di sava.co.id. Hubungi agen konsumen kami dan dapatkan rekomendasi produk properti terbaik!

Artikel yang berkaitan

Top